Jurnal

PENGARUH MOTIVASI RASIONAL DAN MOTIVASI EMOSIONAL TERHADAP LOYALITAS MEREK SMARTPHONE SAMSUNG (STUD

14/04/2018 Nasional Sri Ernawati

Tentang PENGARUH MOTIVASI RASIONAL DAN MOTIVASI EMOSIONAL TERHADAP LOYALITAS MEREK SMARTPHONE SAMSUNG (STUD

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh motivasi rasional terhadap loyalitas merek Smartphone Samsung pada mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima, (2) pengaruh motivasi emosional terhadap loyalitas merek Smartphone Samsung pada mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima, (3) pengaruh motivasi rasional dan motivasi emosional terhadap loyalitas merek Smartphone Samsung pada mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima. Jenis penelitian yang digunakan adalah asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pengguna smartphone Samsung pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima berjumlah 177 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random sampling dengan 123 responden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) motivasi rasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek smartphone Samsung pada mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima, (2) motivasi emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek smartphone Samsung pada mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima, (3) motivasi rasional dan motivasi emosional berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap loyalitas merek Smartphone Samsung pada mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima.

Kata kunci: Motivasi Rasional, Motivasi Emosional, Loyalitas merek