Info Penelitian

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK PERKEMBANGAN USAHA INDUSTRI KAIN TENUN KHAS BIMA PADA UD. MEKAR SA

02/11/2017 Pemasaran Sri Ernawati

Tentang ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK PERKEMBANGAN USAHA INDUSTRI KAIN TENUN KHAS BIMA PADA UD. MEKAR SA

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK PERKEMBANGAN USAHA INDUSTRI KAIN TENUN KHAS BIMA PADA UD. MEKAR SARI KOTA BIMA 

Sri Ernawati

Dosen Prodi Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima

ABSTRAK

Tenun merupakan salah satu seni budaya kain tradisional lndonesia yang diproduksi di berbagai wilayah di seluruh Nusantara .Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Untuk Mengetahui Penerapan strategi pemasaran  untuk perkembangan usaha industri kain tenun khas Bima  pada UD  Mekar Sari Kota Bima.  Penelitian ini termasuk penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen pembeli di UD. Mekar Sari yang berjumlah 39 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah t-test one sample Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Strategi pemasaran pada UD. Mekar Sari Kota Bima lebih dari 75% dari kriteria yang diharapkan (Baik).” diterima. Berdasarkan tabel 4.14 hasil uji t di atas di peroleh nilai thitung =21.951. Sedangkan besarnya ttabel di peroleh dari dk = n-1 (39-1). Maka dk=38 =1,685. Pada taraf kesalahan 0,05, uji satu pihak.

Kata kunci:    Strategi pemasaran